Berita


Rapat Kerja Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri Pontianak 2022

Berita 8 April 2022


https://www.stakatnpontianak.ac.id/- Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri Pontianak (STAKatN Pontianak) menggelar rapat kerja (Raker) tahun 2022 mulai tanggal 05 – 08 April 2022 yang berlangsung di Hotel Orchard, Gajahmada, Pontianak.

Ketua STAKat Negeri Pontianak, Bapak Dr. Sunarso, S.T.,M.Eng. dalam sambutannya menyampaikan bahwa raker ini adalah kegiatan rutin yang diselenggarakan untuk menyusun rencana pelaksanaan kegiatan di STAKatN Pontianak.  Kegiatan raker ini dihadiri oleh seluruh pengelola STAKatN Pontianak dengan jumlah total peserta 25 orang. Raker kali ini ditujukan khusus untuk penyempurnaan rencana strategis, penyusunan rencana operasional, dan rencana persiapan revisi anggaran. Penyempurnaan rencana strategis diharapkan berfokus pada rencana peningkatan sarana dan prasarana, peningkatan tata kelola dan SDM agar STAKatN Pontianak bisa meningkatkan statusnya menjadi institut dalam 4 atau 5 tahun kedepan. Raker ini diharapkan dapat menjadi fondasi STAKatN Pontianak agar dapat memberikan akses pendidikan kepada masyarakat luas terutama bagi masyarakat Katolik.

Dalam sambutannya, Ketua STAKatN Pontianak juga menyampaikan bahwa pada tahun 2022 ini STAKatN Pontianak memberikan perhatian secara khusus pada persiapan dokumen pengajuan zona integritas yang merupakan tindak lanjut dari kesepakatan dalam rapat koordinasi pejabat bimas katolik pusat dan daerah di Jakarta 2022.

Rapat kerja yang dilaksanakan di selama empat hari ini juga dihadiri oleh (Plt.) Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik, Bapak Albertus Magnus Adiyarto Sumardjono, S.E., M.Hum, Mgr. Agustinus Agus, selaku Uskup Agung di Keuskupan Agung Pontianak, Dr. Aloma Sarumaha, M.A., M.Si. selaku Direktur Urusan Agama Katolik Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik Kementerian Agama, Bapak Yuvensius Sepur, S. Fil. selaku Kepala Subdirektorat Pendidikan Tinggi Direktorat Pendidikan Katolik Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik Kementerian Agama.

Bapak Dirjen dalam sambutannya menekankan dua hal penting yaitu mengenai kebiasaan business as usual dan kebaruan.

“Tidak ada lagi business as usual, tidak ada lagi sistem copas kegiatan. Kita harus terus melakukan terobosan dan inovasi.” ungkap beliau

Tidak hanya mengikuti raker, dalam kunjungannya ke Pontianak,  Bapak Dirjen juga menyempatkan untuk melihat secara langsung kegiatan belajar mengajar di STAKatN Pontianak. Dalam kunjungannya kali ini Bapak Dirjen mengingatkan pentingnya berbagai macam kolaborasi dan kerjasama dari berbagai pihak untuk menciptakan kreasi baru yang tetap dapat mempertahankan kekhasan kekatolikan. STAKatN Pontianak diharapkan menjadi semakin unggul dan semakin cepat untuk menjadi institut dalam empat atau lima tahun kedepan sehingga STAKatN Pontianak bisa menjadi role model untuk sekolah tinggi lainnya di seluruh Indonesia. 

Mengakhiri kata sambutannya, tak lupa Bapak Dirjen juga menyampaikan harapannya agar raker ini dapat menjadi awal bangkitnya STAKatN Pontianak untuk mengambil tempat dalam percaturan dunia pendidikan tinggi yang dinamis demi masa depan yang penuh keberhasilan dan tentunya berkelanjutan.

 

 

Penulis : Tetty Novitasari Simbolon